Penting: Kenaikan Harga Domain



Apa yang terjadi? 

Bebrapa bulan lalu, ICANN, organisasi yang mengawasi nama domain, mengumumkan perubahan signifikan pada kontrak yang dimilikinya dengan Verisign, Inc. Sebuah badan yang mengoperasikan domain tingkat atas .COM (TLD). ICANN membuat perubahan ini secara rahasia, tanpa berkonsultasi, atau memasukkan umpan balik dari komunitas ICANN, atau pengguna Internet. Dikatakan, meskipun ICANN memiliki sejarah membuat kesepakatan serupa di balik pintu tertutup, dan juga mengabaikan oposisi terpadu terhadap tindakan semacam itu, pihak NameCheap berfokus untuk memimpin perjuangan, melawan kenaikan harga yang akan merugikan pelanggan mereka, khususnya (dan Internet secara keseluruhan). “Ini adalah waktu yang penting untuk meningkatkan suara kami mengingat domain .COM membentuk 40% dari semua nama domain terdaftar secara online,” ungkapnya. 

Apa arti kenaikan harga domain .COM? 

Dalam registrasi grosir, pihak ICANN membebankan Namecheap biaya yang ditetapkan per nama domain per tahun. Menurut perjanjian baru ini, Verisign akan diizinkan untuk menaikkan harga grosir ke pendaftar, untuk domain .COM setiap tahun, selama 8 dari 10 tahun mendatang, dan kenaikan tidak berhenti di situ. Ini berarti bahwa, harga domain grosir .COM, dapat tumbuh lebih dari 70% lebih tinggi dari biasanya. Jauh lebih tinggi dari harga saat ini, atau selama dekade berikutnya. Kontrak tersebut juga memungkinkan kenaikan harga lainnya, yang dapat mendorong harga lebih jauh, pada akhirnya membuat domain .COM menjadi lebih mahal untuk semua orang. 

Mengapa ICANN melakukan ini? 

Bersamaan dengan perubahan kontrak ini, Verisign setuju untuk membayar ICANN tambahan $ 20 juta dolar selama lima tahun, untuk mendukung inisiatif sistem nama domain ICANN, tanpa kejelasan tentang bagaimana dan untuk apa uang tersebut untuk ICANN, atau siapa yang akan memastikan bahwa dana dihabiskan dengan benar untuk infrastruktur domain . Perubahan-perubahan ini akan berdampak signifikan pada Internet untuk tahun-tahun mendatang. ICANN dan Verisign yang telah berkonstribusi terhadap persoalan ini.
Load disqus comments

0 comments