Pencarian

Migrasi Wordpress dari Localhost ke Hosting, Migrasi Wordpress antar Hosting

Untuk bisa bermigrasi dari localhost ke server hosting, Anda harus memiliki dua hal. Pertama adalah server lokal. Saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki website WordPress di server localhost komputer Anda, dan Anda memiliki akses penuh. Selanjutnya, Anda harus telah memiliki web hosting yang mendukung WordPress, sehingga Anda dapat bermigrasi.


Ada dua metode untuk memindah Wordpress Anda ke server hosting, pertama adalah memindah secara keseluruhan file-file dari localhost ke server hosting dan yang kedua adalah memindah sebagian saja file-file yang ada di localhost ke server hosting. Untuk yang kedua adalah khusus untuk server hosting yang menyediakan fasilitas installasi wordpress seperti fantastic ataupun softaculous. Install Wordpress di server hosting Anda, pastikan sudah berhasil.

Software untuk membantu migrasi ini adalah FTP dan sudah tahu cara menggunakan FTP, sehingga Anda dapat meng-upload konten Anda ke hosting website Anda.

Catatan: screenshot digunakan dalam artikel ini adalah dari WordPress penyedia hosting yang memiliki cPanel.

Upload File WordPress ke Hosting

Sekarang buka klien FTP yang terhubung ke hosting. Setelah Anda tersambung ke hosting Anda, pastikan Anda meng-upload file dalam direktori yang tepat.
Metode yang pertama, sebagai contoh jika Anda ingin website menjadi host pada webkamu.com, maka Anda harus meng-upload semua file dalam direktori public_html Anda.
Metode yang kedua, bila Anda sudah menginstall Wordpress di hosting Anda, upload seluruh file yang ada di folder wp-content localhost ke folder wp-content di hosting dan timpa/overwrite.
Sekarang pilih file WordPress localhost Anda dan upload ke hosting.



Membuat Database MySQL


Sambil menunggu FTP Anda meng-upload file WordPress, Anda dapat melakukan pekerjaan mengimpor database Anda ke hosting. Kebanyakan penyedia hosting WordPress menawarkan cPanel untuk mengelola account hosting Anda, Saya akan menunjukkan cara untuk membuat database menggunakan cPanel. Login ke dashboard cPanel dan klik pada ikon database MySQL yang dapat ditemukan di bagian database.


Selanjutnya masukkan nama database website Anda.



Setelah membuat database, gulir ke bawah bagian User MySQL dan buat atau tambah User ke database. Setelah menambahkan User, cPanel akan membawa Anda untuk mengatur hak User di MySQL. Cukup memberikan semua hak istimewa kepada User.


Mengimpor database WordPress

Sebelum mengimpor database dari localhost, ekspor terlebih dahulu database yang ada di localhost.


Pilih Metode Ekspor, untuk mem-backup database Anda. Pilih semua tabel untuk ekspor. Gulir ke bagian bawah halaman dan tekan tombol Go untuk mendownload database Anda.
Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah mengimpor database WordPress. Masuk ke dashboard cPanel Anda, gulir ke bawah ke bagian database dan klik phpMyAdmin. Di phpmyadmin Anda akan melihat nama database yang tadi di buat. phpMyAdmin akan menampilkan database baru Anda tanpa tabel. Klik pada tab Import di menu atas. Pada halaman impor, klik pada tombol pilih file yang di simpan / download dari ekspor database localhost. Terakhir, tekan tombol Go di bagian bawah halaman. phpMyAdmin sekarang akan mengimpor database WordPress.


Mengubah URL Website Anda

Sekarang saatnya mengganti URL website, sehingga website Anda bisa di akses di global host. Dalam phpMyAdmin, cari tabel wp_options dalam database Anda yang baru saja diimpor dalam langkah diatas. Jika Anda mengubah awalan database Anda, maka bukan wp_options mungkin {prefix} _options.
Klik pada tombol browse di sebelah wp_options atau link yang Anda lihat di sidebar untuk membuka halaman dengan daftar bidang dalam tabel wp_options. Lihat gambar di bawah:


Di bawah Field options_name , cari siteurl. Klik ikon Edit Bidang yang dapat ditemukan di ujung kiri pada awal baris.



Ketika Anda mengklik bidang edit, jendela edit field akan muncul. Di kotak input untuk option_value’, Anda akan melihat URL dari instalasi localhost Anda seperti: http://localhost/test. Hati-hati memasukkan url baru Anda di bidang ini, misalnya: http://www.webkamu.com
Simpan field dengan mengklik tombol Go.
Selanjutnya, Anda perlu meniru langkah ini untuk nama pilihan: home. Page wp_options terdapat beberapa halaman yang panjang, sehingga hanya menemukan tab home. Biasanya pada halaman kedua yang dapat Anda navigasi ke dengan mengklik panah pagination di phpMyAdmin.
Update url home agar menjadi sama dengan siteurl Anda.

Menyiapkan Website

Setelah Anda mengimpor database, dan semua konten telah di-upload, sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi WordPress. Pada saat ini, situs Anda menunjukkan Kesalahan dalam membuat kesalahan koneksi ke database. Untuk memperbaiki hal ini, hubungkan ke situs Web Anda menggunakan klien FTP dan mengedit file wp-config.php. Ubah nama database, user dan password yang Anda buat sebelumnya pada langkah diatas. Simpan file wp-config.php dan upload kembali ke server Anda. Kunjungi website Anda, dan harusnya tidak ada masalah lagi.
Login ke panel admin WordPress Anda, dan masuk ke Settings> General. Klik save Options. Ini untuk memastikan bahwa url website Anda telah diperbaiki.
Kemudian masuk ke Pengaturan »Permalink dan klik Save untuk memastikan bahwa semua link posting bekerja dengan baik.

Memperbaiki Gambar dan link yang rusak

Setiap kali Anda pindah dari satu domain ke domain lain, atau dari server lokal ke server global, Anda akan menghadapi link yang rusak dan masalah gambar hilang. Anda bisa menggunakan query SQL.
Kalaw Anda ingin memperbaikinya melalui SQL, di sini ada query SQL sederhana yang bisa memecahkan masalah ini:
UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE(post_content, ‘localhost/test_site/’, ‘www.yourlivesite.com’);
Caranya,masuk ke phpMyAdmin, klik pada database Anda dan kemudian klik pada SQL dari menu atas. Menulis pertanyaan ini tapi jangan lupa untuk mengubahnya dengan loclhost Anda sendiri dan URL website Anda.


Itu saja, mudah-mudahan website Anda bisa berjalan sekarang. Logout dari website Anda untuk memastikan bahwa setiap hal bekerja dengan baik seperti yang diharapkan.

Langkah-langkah tsb diatas sudah pernah dilakukan admin ketika melakukan migrasi dari localhost ke hosting, juga pernah dilakukan pada saat migrasi antar hosting online.

Sumber dirangkum dari beberapa website tentang migrasi wordpress.

2 komentar:

  1. Online Business Opportunities 2015


    Contact: Tri Noviyardi
    click http://jeunesseindonesia.com
    Phone / SMS: 08999954190
    Email: myonlydiskonline@gmail.com

    Products greatness Jeunesse Global Indonesia
    by Expert Skincare & Health Beatrice Christinawati
    https://www.youtube.com/watch?v=0rXu8l_GeJQ
    http://juniwati.com

    BalasHapus
  2. Info yang sangat membantu, kunjungi http://japandaisuki.com

    BalasHapus