Apa itu Nama Domain / Domain Name ?

Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.

Pada masa awal internet di kembangkan, satu sistem bernama IP address digunakan untuk memberikan alamat kepada masing-masing server yang tergabung ke dalam jaringan internet. IP Address ini berupa deretan angka. contohnya: 192.168.1.1. Jadi jika user internet hendak mengakses satu data di satu server, yang dia perli lakukan adalah mengakses server tersebut dengan mengetikkan alamat IP Address tersebut.

Namun hal tersebut menjadi masalah ketika server yang berada di internet semakin banyak, dan penggunaan IP address semakin susah untuk diingat. Kemudian muncul alias dari alamat server tersebut dalam bentuk alfabet yang mudah untuk diingat dan dihafal untuk suatu pengalamatan sebuah server.

Misalnya : 118.98.110.91 adalah sebuah alamat server milik Perusahaan Google. Karena untuk mengingat atau menghafal alamat tersebut agak susah, maka dengan menggunakan Nama Domain / Domain Name maka alamat tersebut dapat dialiaskan dengan www.google.com.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca halaman wikipedia mengenai domain name:
http://en.wikipedia.org/wiki/Domain_name
Load disqus comments

5 comments